Tak Selamanya Tanggal Tiga Belas Membawa Sial

 

Pada hari Rabu, 13 September 2023, merupakan hari yang bersejarah bagi saya. Mulanya biasa saja, seperti hari-hari sebelumnya. Semua berjalan sesuai dengan rutinitas harian. Bangun pagi pk. 03.00 dini hari, saat yang pas untuk melaksanakan shalat malam hingga waktu Subuh menjelang. Usai shalat Subuh saya mengerjakan tugas sebagai ibu di rumah tangga. Kemudian bersiap untuk bekerja sebagai guru mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMPN 55 Surabaya.

Kegiatan sekolah diawali dengan shalat Duha dan Sabar Mama. Sabar Mama (istilah yang digagas oleh Pak Guru Untung) adalah singkatan Sarapan Bareng Masakan Mama. Sabar mama dilaksanakan di hari Rabu setiap pekan. Semua peserta didik membawa makanan dari rumah. Makanan itu dikemas dalam tepak makan dan minuman dalam tumbler. Hari ini agak sedikit gerah.

                                                         Gambar: Dokumen Pribadi

Setiap hari Rabu jam mengajar saya agak longgar. Jam ke-1-2 di kelas 9F dan jam ke-8-9 di kelas 9D. Awal mengajar di kelas tentang label. Memegang sebuah label kemudian mengajak peserta didik untuk memahami dengan memberikan pertanyaan yang mengarah pada proses pemahaman. Berbekal tingkat pemahaman yang berbeda, mereka asyik memaknai label yang ada di genggaman. 

Sementara itu, ada rasa ingin iseng mengintip gawai yang tergeletak di atas meja guru. Duduk perlahan, meraih gawai, dan eng ing eng ada wapri dari pegawai dindik bagian GTK. Berdebar hati, membacanya. Warta yang telah lama saya rindukan. Sejak tahun 2015 proses dilaksanakan dengan lika liku yang meliuk-liuk tajam. Ketajamannya hampir mematahkan semangat yang tersisa. Akhirnya, datang juga.

Ya…ya…ya…warta tentang turunnya SK kenaikan pangkat IV/c. Warta yang menggembirakan hati sekali gus melegakan. Hasil tak pernah menghianati proses. Empat tahun menjelang kepurnaan tugas, muncullah warta itu, tepat di hari Rabu tanggal 13 September 2023. Tanggal yang mana banyak orang meyakini sebagai angka kesialan alias ketidakberuntungan.

Saya pribadi yakin tidak ada tanggal yang tidak baik, dalam hal ini angka 13. Dan benar adanya bahwa angka itu tidak sial. Terbukti Allah limpahkan kenikmatan dengan turunnya SK itu. Rasa Syukur terus terucap tiada henti, sambil terus berpikir untuk mengejawantahkannya.  Cling. Ada ide untuk berbagi kegembiraan dengan teman-teman yang mengambil peran dalam proses pengajuannya.

Saya bersyukur kepada Allah S.W.T yang telah melancarkan semuanya, dan pada atasan serta teman sejawat. Rasa syukur yang tak terhingga terekspresikan dengan berbagi keberkahan. Nasi kotak kaganangan sebagai hidangan seusai doa syukur dipanjatkan. Lega rasa hati telah bersyukur atas nikmat yang lama dirindukan. Nikmat anugerah tepat di tanggal 13 September 2023. Angka yang telah diyakini banyak orang sebagai angka yang tidak membawa keberuntungan. Dan Allah tunjukkan bahwa itu tidak benar.

Dan keyakinan saya semakin menguat ketika saya browsing di google search dan menemukan sebuah arikel di Liputan6.com, 7 oktober 2022,  yang berjudul Perspektif Lain 13 Bukan Angka Sial, Umat Islam Wajib Tahu. Dalam atikel ini penulis, anonim, mengupas tuntas tentang angka 13. Beliau menyitir perspektif dari seorang pemerhati gizi, Kesehatan dan sosial yang juga seorang dosen di Gorontalo,Dr. Arifasno Napu, S.SiT, M.Kes. tentang fakta dari angka 13.  Angka 13 sebagai angka akumulatif antara jumlah rukun Iman, rukun Islam, dan rukun Ihsan. Angka 13 merupakan kesatuan kekuatan yang tak terhingga.

Nah, bagaimana menurut Anda?  

Kebonsari, 13 Oktober 2023

Komentar

  1. Selamat untuk IV-C yang ditunggu. Semoga makin berkah. Aamiin

    BalasHapus
  2. Selamat atas ketercapaian kenaikan pangkat 4c

    BalasHapus
  3. Selamat menapaki pamuncaknya Guru Madya ... semangat mencapai Guru Utama sebelum purna .... Barokallahu fii umrik ....

    BalasHapus
  4. Barakallah. Mabruk. Maaf, baru mengucapkan selamat, karena baru saling mengenal dan baru coba anjangsana di blog personal Bu Sri. Ternyata, banyak mutiara di sini. Insya Allah, akan saya kulik satu per satu. semoga ketemu 'jalan' untuk menuju IV/c, paling tidak, 13 bulan ke depan. Selamat

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer