Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Ozon Sedunia

 

  Hari ini Jumat tanggal 15 september 2023 lain dari hari-hari sebelumnya. Hari ini bertepatan dengan peringatan hari Ozon sedunia. SMPN 55 Surabaya menandai hari ozon sedunia dengan kegiatan-kegiatan yang mencerminkan kecintaan pada lingkungan sekolah. Kegiatan yang digawangi oleh Ibu Nur Diana Dewi, S.Pd. ,selaku kepala sekolah sejak 28 Maret 2023, meliputi penanaman bunga khrisan, penanaman pohon jambu atau mangga, pelepasan benih ikan nila dan patin serta lomba membuat poster peringatan hari Ozon sedunia. Pelaksanaan kegiatan ini dengan melibatkan peserta didik perwakilan setiap kelas 2, dengan cara serentak. Sementara yang tidak terlibat membenahi sudut baca di masing-masing kelas.

                                                       Menanam bunga krisan

Penanaman bunga khrisan dilakukan oleh peserta didik kelas 7 di area sekitar ruang guru dan ruang kepala sekolah. Beraneka warna bunga yang sudah mekar menambah indahnya halaman sekolah. Mereka menanam menggunakan peralatan yang dibawa dari rumah. Tangan-tangan halus yang memainkan cethok kecil untuk membuat lubang dan mengisinya dengan pupuk organik. Setelah itu memasukkan tanaman bunga khrisan ke dalamnya. Tidak lupa tangan terampil mereka mencabut rumput liar yang mulai meninggi dibantu tenaga keamanan yang berjaga hari ini. Tak seorangpun warga sekolah yang diam berpangku tangan di hari nan cerah ini.

                                                                    Menanam pohon

Di sisi lain, penanaman pohon baik itu pohon jambu maupun pohon mangga dilakukan peserta didik kelas 8. Wilayah penanamannya di sekeliling tambak sekolah di belakang. Penanaman ini akan menambah kerindangan wilayah 3 kolam ikan yang terbentang di belakang sekolah. Kerindangan akan menyejukkan sekitar. Menambah sederetan sumber penghasil oksigen di lingkungan sekolah. Selain itu juga memperluas area bersantai peserta didik ketika beristirahat.

                                                                   Menabur benih ikan

Masih di wilayah kolam ikan di belakang sekolah, ada satu lagi aktivitas peserta didik kelas 9 dalam memperingati hari Ozon Sedunia, yaitu pelepasan benih ikan. Ada 2 jenis benih ikan yang dilepaskan pada moment ini. Benih ikan patin untuk peserta didik kelas 9 ABC dan ikan nila untuk kelas 9 DEF. Dua jenis ikan ini dilepas pada kolam yang berbeda.  Dilepas dengan didahului yel-yel khusus hari Ozon sedunia. Terpancar wajah riang gembira seusai melepas benih. Tak lupa berpose untuk mengabadikan event ini.

                                                            

                                                                Menggambar poster

Kegiatan lain yang tak kalah pentingnya adalah kegiatan lomba membuat poster hari Ozon Sedunia. Lomba ini diikuti oleh peserta didik kelas 7, 8, dan 9. Setiap kelas diwakili 2 peserta. Lomba dilaksanakan di ruang aula lantai 2 gedung SMPN 55 Surabaya. Antusiasme terlukis di wajah masing-masing peserta. Keseriusan mereka tergambar jelas dari sikap duduk mereka. Walau tanpa alas mereka asyik saja. Mereka mengasah kemampuan membuat poster di ajang ini, untuk meperingati hari Ozon sedunia tahun 2023. Terus maju anakku. Pantang menyerah…Mapuma Jaya…

Pagesangan, 15 September 2023

Komentar

  1. Gambaran kegiatan edukasi yang menginspirasi .... Barokallah

    BalasHapus
  2. Tulisan yang nenginspirasi, j ayu. Gambar2nya perlu dikasih keterangan.

    BalasHapus
  3. Mantab tulisannya, bisa saya terapkan di sekolah

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer